Tips Menulis Jurnal Internasional

Tips Menulis Jurnal Internasional

Menulis karya ilmiah merupakan hal yang harus dilakukan oleh seorang dosen ataupun mahasiswa. Selain itu submit jurnal juga menjadi persyaratan kelulusan ataupun jabatan fungsional untuk dosen.

Mahasiswa atau dosen dapat mempublikasikan artikel ilmiahnya pada jurnal nasional maupun internasonal. Namun sebelum itu terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kepenulisan jurnal,terutama pada jurnal internasional. 

Berikut tips dalam menulis jurnal internasional;

1. Tentukan Tema Penelitian

Mengidentifikasi topik penelitian sangat penting, dan penting untuk memastikan bahwa topik tersebut menarik. Salah satu strateginya adalah memilih topik yang sedang menjadi perhatian utama, yang tetap relevan dengan bidang pengetahuan yang kamu kuasai, dan mengandung elemen kebaruan.

2. Sesuai Bidang Keilmuan

Mencari jurnal referensi yang sesuai dengan bidang ilmu yang kamu tekuni. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dalam bidang tersebut dan dianggap kompeten karena keberhasilan dalam mengaitkan topik dengan referensi yang relevan.

3. Menarik Minat Reviewer

Penyusunan jurnal memerlukan perhatian terhadap preferensi dan standar yang diharapkan oleh para reviewer. Oleh karena itu, penting untuk dapat menarik perhatian mereka dengan menggunakan referensi dari jurnal yang sering mereka baca, namun tetap relevan dengan bidang ilmu yang dibahas.

 

Baca Juga : Ingin Artikelmu Tembus Scopus? Lakukan Tips Ini

 

4. Hindari Human Error

Saat menulis jurnal, disarankan untuk mengikuti pedoman penulisan yang berlaku dan menghindari kesalahan manusia seperti kesalahan ketik, ejaan, persiapan bagian jurnal, atau tata bahasa.

5. Hindari Plagiasi

Plagiarisme merupakan pelanggaran serius di dunia akademis, oleh karena itu, penting untuk memahami dengan baik bagaimana cara menulis jurnal tanpa melakukan plagiarisme.

6. Hindari Kesalahan dalam Sususan Daftar Pustaka 

Saat menyusun daftar pustaka. kamu harus hati-hati dan mematuhi peraturan yang berlaku. Jika diperlukan, gunakan aplikasi khusus untuk mengompilasinya agar meminimalisis kesalahan.

7. Susunan Persembahan

Pada bagian akhir jurnal internasiona taerdapat bagian, yang memiliki nilai penting. Di sini, penulis jurnal dapat menyampaikan rasa terima kasih atas semua bantuan yang diterima dari berbagai pihak.

8. Lakukan Pembayaran

Jika jurnal yang telah disusun diterima, kamu akan menerima Letter of Acceptance (LoA) yang akan berisi informasi tentang tagihan. Oleh karena itu, segera lakukan pembayaran, biasanya dalam mata uang dari negara penerbit, meskipun dalam beberapa kasus dapat menggunakan Dolar Amerika.

Anda bisa membaca mengenai tips penulisan artikel, publish jurnal dan mengenal seputar jurnal ilmiah dengan mengunjungi sosial media kami di
instagram @jakadjournal dan @jasa_publikasijurnal

tiktok @jakadjournal

untuk informasi lebih lanjut jika Anda memerlukan informasi mengenai publikasi jurnal dapat menghubungi 08988589601

awidy

Category

Leave Your Comment

Popular Posts