Ingin Artikelmu Tembus Scopus? Lakukan tips ini!

Ingin Artikelmu Tembus Scopus? Lakukan Tips Ini!

Bagaikan roda kehidupan, menjalani proses publikasi jurnal pun pasti mengalami naik turun. Adakalanya proses publikasi terasa cepat, namun tidak jarang proses tersebut melalui beberapa hambatan seperti revisi bahkan penolakan.

Penolakan akan menjadi suatu hal wajar yang pasti dialami peneliti ketika submit jurnal. Banyak artikel yang tidak terpublikasi dengan mudah di jurnal yang terindeksasi tinggi seperti, DOAJ, Sinta, Scopus dan lainnya, karena peneliti mengaku kesulitan untuk menembuskan artikelnya. Namun jangan khawatir, berikut beberapa trik yang dapat kamu coba agar artikelmu tembus ke scopus

1. Menulis Artikel Jurnal dengan Minimal Memiliki 20 Referensi

Menulis artikel ilmiah dengan menggunakan referensi yang banyak memang bukan hal yang mudah. Namun, hal tersebut merupakan langkah awal agar dapat memperkuat penulisanmu. Sehingga menggunakan jumlah referensi yang sesuai dapat menjadi pertimbangan penting agar tulisanmu diakui. Semakin banyak referensi berkualitas maka akan semakin baik. Hal ini sangat disarankan karena hampir seluruh jurnal yang terindeks oleh Scopus mewajibkan penulis untuk mencantumkan referensi termutakhir.

2. Berkolaborasi dengan Rekan Sejawat

Jika ingin membuat sebuah penelitian yang indah, disarankan untuk berkolaborasi dengan tema sejawat. Kolaborasi dapat membantu kamu untuk menyelesaikan berbagai tahap penyelesaian artikel hingga publikasi. Berkolaborasi dapat menghasilkan karya ilmiah yang lebih komprehensif, ditulis dari berbagai sudut pandang, dan didukung oleh fakta serta hasil penelitian sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Berkolaborasilah dengan teman sejawat yang pernah memublikasikan tulisannya di scopus.

baca tips lainnya

3. Maksimal Plagiasi 15%

Dalam penulisan artikel, plagiasi adalah hal yang tidak dapat ditoleransi, sehingga gunakan software plagiarism checker untuk mengetahui nilai plagiasimu.

4. Sering Berlatih Menulis

Sangat penting bagi penulis untuk melatih keterampilan menulisnnya dengan menggunakan kaidah yang baik dan benar serta menggunakan bahasa inggris, karena dapat membuat artikelmu dilirik oleh jurnal-jurnal yang terindeks scopus.

Anda bisa membaca mengenai tips penulisan artikel, publish jurnal dan mengenal seputar jurnal ilmiah dengan mengunjungi sosial media kami di
instagram @jakadjournal dan @jasa_publikasijurnal

tiktok @jakadmedia

untuk informasi lebih lanjut jika Anda memerlukan informasi mengenai publikasi jurnal dapat menghubungi 08988589601

 

awidy

Category

Leave Your Comment

Popular Posts