Pahami Cara Mengetahui Jurnal Discontinued 

Pahami Cara Mengetahui Jurnal Discontinued

Bagi para dosen, menaikkan karir akademiknya dapat melalui lewat jabfung atau jabatan fungsional, sehingga mereka diharuskan untuk memiliki karya ilmiah yang telah dipublikasikan sebagai bahan penilaian. 

Seperti saat mempublikasikan jurnal internasional scopus, kita harus tahu apakah jurnal yang akan kita tuju mengalami discontinued dari pihak scopus atau tidak. Karena jika sampai memilih jurnal discontinued maka dapat mempengaruhi perkembangan karir akademik bagi dosen tersebut.

Apa Itu Jurnal Discontinued?

Kata “Discontinued” pada jurnal ilmiah merujuk kepada keadaan suatu jurnal yang telah berhenti penerbitannya secara permanen, sehingga Jurnal discontinued merupakan jurnal yang tidak aktif atau telah dihapus dari database jurnal ilmiah sehingga tidak akan menerima artikel baru untuk dipublikasikan. 

Jurnal scopus sendiri merupakan database jurnal ilmiah yang memiliki jurnal-jurnal elektronik dari berbagai peneliti di dunia dan dikelola oleh penerbit terkenal yaitu Elsevier. Sehingga scopus menjadi database jurnal tertinggi. Sehingga para peneliti dunia sering menggunakan jurnal scopus sebagai sumber referensinya. Baik dalam penelitian maupun penulisan karya ilmiah.

Alasan-Alasan Mengapa Jurnal Discontinued

Berikut beberapa alasan mengapa jurnal ilmiah dapat dinyatakan “discontinued”

  1. Finance

Penyebab utama karena permasalah keuangan penerbit jurnal sehingga membuat mereka tidak mampu mempertahankan jurnal mereka. Banyaknya biaya operasional yang harus mereka tanggung seperti biaya pengelolaan, penerbitan jurnal, infrastruktur teknologi, maintenance, dan juga promosi.

2. Kurangnya Kontribusi 

Dalam jurnal ilmiah, diperlukan minat menyumbangkan penelitian dan artikel dari para peneliti untuk terus bisa beroperasi. 

3. Perubahan Kebijakan

Jurnal ilmiah dapat mengalami perubahan kebijakan atau fokus sehingga membuat tidak sesuai dengan tujuan awal. Dalam situasi seperti itu, penerbit mungkin memutuskan untuk menghentikan penerbitan jurnal dan fokus dengan sumber daya mereka  yang lebih relevan atau menarik minat yang lebih besar dari peneliti.

Baca Juga : Tips Menulis Jurnal Nasional

Dampak Jurnal Discontinued Bagi Para Dosen

Bagi para dosen, mencari tau jurnal discontinued scopus merupakan hal yang penting, karena ketika jurnal tersebut tiba-tiba mendadak discontinued dari laman scopus maka dapat berdampak bagi para dosen.

Dosen di Indonesia dan seluruh dunia mempublikasikan hasil penelitian di jurnal internasional bereputasi. Di Indonesia, publikasi di jurnal terindeks Scopus atau WoS menjadi standar. Untuk kenaikan jabatan fungsional, seperti Guru Besar, publikasi di jurnal bereputasi merupakan syarat.

Jika jurnal yang tadinya terindeks Scopus mendadak masuk daftar jurnal discontinued, publikasi dosen di jurnal tersebut tidak akan diakui oleh Dikti. Akibatnya, publikasi tersebut tidak bisa dimasukkan ke laporan BKD dan tidak memberi tambahan KUM

 

Anda bisa membaca mengenai tips penulisan artikel, publish jurnal dan mengenal seputar jurnal ilmiah dengan mengunjungi sosial media kami di
instagram @jakadjournal @jasa_publikasijurnal – tiktok @jakadjournal

untuk informasi lebih lanjut jika Anda memerlukan informasi mengenai publikasi jurnal dapat menghubungi 08988589601

awidy

Category

Leave Your Comment

Popular Posts