Tips And Trick Publish Scopus

Tips and Trick Publish Scopus

 

Tips And Trick Publish Scopus

 

Scopus merupakan portal referensi jurnal bereputasi tinggi, scopus  menyajikan jurnal penelitian akademik bagi para peneliti di seluruh dunia. Semua jurnal yang ada dalam portal scopus sudah melewati tahapan seleksi yang ketat, diantaranya, pengecekan orisinalitas, kualitas tulisan, hingga waktu penelitian. Oleh karena itu, untuk dapat publish artikel di jurnal scopus harus melewati proses review yang cukup panjang. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk dapat melewati proses review sampai artikel terpublish di scopus. Berikut beberapa tips and trick yang harus diperhatikan agar jurnal Anda dapat terpublish di scopus:

1. Struktur Artikel Sudah Memenuhi Standart

Pertama, pastikan artikel yang akan Anda publish pada jurnal terindeksi scopus sudah memenuhi standard artikel yang baik dan benar. Struktur teks dalam artikel merupakan bagian yang penting. Standard artikel yang baik dan benar harus berisi abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan diskusi, kesimpulan dan referensi atau daftar pustaka.

2. Pastikan Tidak Membahas Topik yang Out of Date

Tips kedua, artikel yang akan dimuat di jurnal scopus harus berisikan topik yang menarik, isu terkini, dan mempunyai gap permasalahan. Topik penelitian berperan penting dalam sebuah artikel. Pastikan topik yang dimuat dalam artikel membahas isu terkini dan bukan yang telah lalu untuk menarik minat pembaca.

Baca juga syarat dan ketentuan publish jurnal internasional untuk mempermudah Anda dalam proses penerbitan jurnal sesuai yang Anda inginkan. Klik link berikut 

3. Keberadaan Novelty (Kebaharuan Penelitian)

Tips berikutnya, yakni memastikan artikel yang Anda buat mempunyai novelty atau kebaharuan yang belum pernah dibahas pada penelitian sebelumnya. Novelty merupakan kebaharuan penelitian, hal ini dikarenakan penelitian dapat dikatakan baik jika menemukan penemuan-penemuan baru untuk memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan dan kehidupan masyarakat.

4. Referensi yang Digunakan 5-10 Tahun Terakhir

Terakhir, untuk mempermudah artikel Anda agar dapat terpublish di Scopus, pastikan referensi atau acuan sumber yang dikutip dalam artikel paling lama 5 – 10 tahun terakhir. Keterbaharuan dari referensi yang Anda gunakan juga berpengaruh untuk publikasi artikel scopus, mengingat acuan artikel yang digunakan harus berasal dari penelitian-penelitian terbaru.

 

Untuk membantu jurnal Anda lolos dalam portal indeks jurnal bereputasi internasional maupun nasional seperti SINTA, Scopus, DOAJ dan lainnya Anda dapat menghubungi +628988589601

 

maprillia

Category
Popular Posts