Ciri Ciri Jurnal Terindeks Sinta

Ciri Ciri Jurnal Terindeks Sinta

Jurnal Sinta adalah platform online yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek untuk menyediakan daftar jurnal yang terakreditasi dan diakui. Jurnal yang terdaftar di Sinta diakui sebagai sumber kutipan dan referensi yang valid. Sinta juga terhubung langsung dengan Google Scholar dan Scopus, yang memberikan informasi tentang reputasi jurnal internasional.

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Sinta

1. Memenuhi Kaidah Keilmuan

Jurnal yang terindeks Sinta harus mematuhi prinsip-prinsip ilmiah. Jurnal tanpa landasan ilmiah dianggap sebagai karya fiksi yang hanya menghibur pembaca.

2. Memiliki ISSN

Jurnal nasional harus memiliki ISSN (International Standard Serial Number). Meskipun tidak berstatus internasional, ISSN diperlukan untuk administrasi dan pemesanan jurnal.

3. Terbitan Versi Online

Jurnal nasional, meskipun jangkauannya tidak seluas jurnal internasional, harus tersedia dalam format online agar dapat diakses dan diunduh oleh pembaca dalam format PDF.

4. Pengelolahan Profesional

Jurnal nasional harus dikelola secara profesional dengan publikasi tepat waktu. Jika terbit empat kali setahun, maka harus konsisten menerbitkan empat edisi setiap tahun pada waktu yang sama.

5. Wadah Hasil Penelitian

Jurnal ilmiah harus bermanfaat bagi bidang ilmu pengetahuan dengan menggunakan metode penelitian yang relevan. Penulis dapat mempublikasikan hasil penelitian mereka dalam jurnal untuk memberikan manfaat kepada pembaca.

6. Ditujukan Untuk Masyarakat Ilmiah

Artikel dalam jurnal ilmiah ditujukan untuk komunitas ilmiah, seperti akademisi yang memerlukan informasi valid dalam bidang mereka.

Baca juga : Struktur Artikel Yang Baik Dan Benar

7. Diterbitkan oleh Lembaga Ahli

Jurnal nasional harus diterbitkan oleh penerbit, organisasi profesi, lembaga penelitian, universitas, atau unit lain yang kompeten. Tidak semua penerbit dapat menerbitkan jurnal berstandar nasional dengan ISSN.

8. Memilik Dewan Editor

Editor jurnal nasional harus terdiri dari ahli di bidangnya, minimal dari dua lembaga berbeda. Jika komite jurnal internasional terdiri dari anggota dari empat negara, maka jurnal nasional setidaknya harus dari dua lembaga yang berbeda.

9. Terindeks di DOAJ

Jurnal yang terindeks di DOAJ (Directory of Open Access Journals) dianggap sebagai jurnal dengan standar kualitas tinggi dan akses terbuka, yang tidak membebankan biaya kepada pembacanya.

Anda bisa membaca mengenai tips penulisan artikel, publish jurnal dan mengenal seputar jurnal ilmiah dengan mengunjungi sosial media kami di
instagram @jakadjournal dan @jasa_publikasijurnal

tiktok @jakadjournal

untuk informasi lebih lanjut jika Anda memerlukan informasi mengenai publikasi jurnal dapat menghubungi 08988589601

awidy

Category

Leave Your Comment

Popular Posts