Struktur Artikel Yang Baik Dan Benar

Struktur Artikel Yang Baik Dan Benar

 

Sebagai seorang akademisi, menulis artikel ilmiah menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Artikel ilmiah diterbitkan sebagai cara untuk menyebarluaskan hasil penelitian dari disiplin dan subdisiplin tertentu. sehingga sudah seharusnya seorang akademisi mengetahui struktur penulisan artikel yang benar agar sesuai dengan standar penulisan yang berlaku.

Struktur artikel merupakan peran penting dalam penelitian, karena tidak hanya ide dan temuan yang penting, tetapi juga cara informasi disampaikan.Artikel biasanya mencakup laporan penelitian, tinjauan pustaka, saran teoritis, atau artikel opini yang belum diuji. Format artikel yang diterbitkan juga beragam tergantung pada kebijakan jurnal atau penerbitnya.

Lalu berikut struktur artikel ilmiah yang baik dan benar:

1. Judul

Pentingnya dalam memilih judul artikel. Judul artikel memiliki fungsi penting dalam mengkomunikasikan substansi artikel tersebut, sehingga memungkinkan pembacanya untuk memahami inti dari artikel tanpa harus membaca keseluruhan.

2. Abstrak

Pada bagian abstrak hampir mirip dengan ringkasan, namun abstrak memiliki peran tersendiri. Abstrak merupakan ringkasan singkat dari isi artikel tersebut, dengan tujuan untuk memberikan gambaran global tanpa merujuk langsung ke artikel tersebut.

3. Pendahuluan

Pendahuluan adalah pengantar kasus pada penelitian yang sedang dibahas. Bagian pendahuluan memiliki fungsi sebagai konteks pada pembaca agar mereka memahami tujuan dari penelitian dan kerangka teoretis yang lebih luas.

4. Bahan dan Metode

Bahan dan Metode berisi tentang penjelasan proses yang diteliti secara mendetail. Informasi ini berisi tentang informasi, peralatan yang digunakan, metode, deskripsi dan jenis metodenya.

Baca juga: Impact Factor Pada Jurnal Penelitian

5. Hasil 

Bagian hasil ini berisikan rangkuman data dan gambaran umum dalam bentuk teks, tabel atau gambar. Pada bagian ini tidak ada interpretasi atau kesimpulan dari data.

6. Pembahasan

Pada bagian pembahasan, berisi tentang pendiskusian data dengan rinci, analisis pola, serta identifikasi dari hubungan antar variabel eksperimen dan korelasinya.

7. Kesimpulan

Bagian kesimpulan berasal dari inti hasil yang telah dilakukan. kesimpulan juga menyajikan informasi yang telah dipelajari

8. Daftar Pustaka

Daftra pustaka ini mengarah kepada sumber-sumber yang digunakan dan disertakan pada halaman terakhir.

Anda bisa membaca mengenai tips penulisan artikel, publish jurnal dan mengenal seputar jurnal ilmiah dengan mengunjungi sosial media kami di
instagram @jakadjournal dan @jasa_publikasijurnal

tiktok @jakadpublishing

untuk informasi lebih lanjut jika Anda memerlukan informasi mengenai publikasi jurnal dapat menghubungi 08988589601

Penulis: alfina

Category

Leave Your Comment

Popular Posts