Kenali Istilah Dari Ethical Clearance Dalam Penelitian

Kenali Istilah Dari Ethical Clearance Dalam Penelitian

Dalam dunia penelitian, kita harus memahami apa itu kelayakan etik atau Ethical clearance. Ethical clearance dalam konteks penelitian merujuk pada izin yang diperoleh dari komite etika penelitian sebelum melakukan studi atau eksperimen. Ethical Clearance (EC) atau kelayakan etik adalah dokumen tertulis yang diberikan oleh komisi etika penelitian untuk riset yang melibatkan makhluk hidup, menyatakan bahwa proposal riset layak dilaksanakan setelah memenuhi kriteria tertentu. Sementara itu, persetujuan dari Komisi Etik Penelitian sangat penting dalam publikasi jurnal ilmiah, baik di tingkat nasional maupun internasional.” Terdapat juga prinsip-prinsip dasar yang ada dalam kode etik penelitian.

Berikut merupakan prinsip dasar Kode Etik Penelitian:

1. Menghormati individu, atau “Respect for persons”

merujuk pada penghargaan terhadap otonomi, atau menghargai kebebasan individu dalam membuat pilihan sendiri. Lalu aspek “Protection of persons” bertujuan melindungi subjek penelitian, terutama individu atau subjek yang rentan terhadap eksploitasi dan bahaya.

2. Prinsip kemanfaatan

atau “Beneficence” 

menekankan kewajiban etis untuk memaksimalkan manfaat dan meminimalkan risiko dalam setiap penelitian. Hal ini, penting bagi masyarakat untuk diimbangi dengan desain penelitian yang jelas dan peneliti yang bertanggung jawab sehingga memiliki kompetensi yang sesuai.

3. Berkeadilan, yang mengacu pada “Distributive justice”

menuntut keseimbangan antara beban dan manfaat ketika individu berpartisipasi dalam penelitian. Dalam hal ini, setiap peserta penelitian harus diperlakukan sesuai dengan latar belakang dan kondisi mereka. Perbedaan perlakuan antara individu atau kelompok dapat dibenarkan jika sesuai secara moral dan diterima oleh masyarakat.

Baca juga : Sumber Ide untuk Menulis

Secara mendasar, penelitian yang melibatkan partisipasi manusia bertujuan untuk menghasilkan pengetahuan baru yang bermanfaat. Dalam konteks etika, keberhasilan suatu penelitian baru dapat diukur dengan sejauh mana penghormatan, perlindungan, dan keadilan diterapkan terhadap subjek penelitian sesuai dengan norma-norma masyarakat tempat penelitian dilakukan. Penelitian yang tidak memenuhi standar ilmiah dan berisiko tidak memberikan manfaat dapat dianggap tidak etis.

Anda bisa membaca mengenai tips penulisan artikel, publish jurnal dan mengenal seputar jurnal ilmiah dengan mengunjungi sosial media kami di
instagram @jakadjournal dan @jasa_publikasijurnal

tiktok @jakadmedia

untuk informasi lebih lanjut jika Anda memerlukan informasi mengenai publikasi jurnal dapat menghubungi 08988589601

 

awidy

 

Category

Leave Your Comment

Popular Posts